Monday, October 23, 2017

13 ALASAN ELAK JADI MURABBI



Oleh : Cahyadi Takariawan

Dari survei kecil yang saya lakukan terhadap peserta Daurah Murabbi di beberapa tempat, ada 13 alasan mengapa kader tidak memiliki binaan.

Berikut 13 alasan tersebut sekaligus 13 jawaban yang saya berikan.

1. Tidak PD (percaya diri) menjadi Murabbi

Alasan : Saya akan membina siapa? Tidak mungkin ada orang yang mau saya bina.

Jawaban : Masyarakat Indonesia ada 240 juta. Mereka memerlukan Murabbi. Banyak yang mau dibina.

2. Tidak Pantas Menjadi Murabbi

Alasan : Saya belum pantas menjadi Murabbi. Yang lain saja, masih banyak yang lebih pantas dibanding saya.

Jawaban : Menjadi Murabbi itu sekaligus membina diri. Nanti akan berproses bersama mutarabbi menjadi lebih pantas lagi.

3. Tidak Mengerti Cara Membina

Alasan : Saya tidak tahu bagaimana cara membina dan cara mengelola halaqah.

Jawaban : Makanya ikut Sekolah Murabbi. Di situ diajarkan semuanya.

4. Stok Materi Terbatas

Alasan : Saya tidak punya banyak materi. Stok materi saya sedikit.

Jawaban : Sudah banyak buku, DVD dan file materi Tarbiyah. Tidak akan kekurangan stok.

5. Bacaan Qur’an Belum Bagus

Alasan : Bacaan Qur’an saya jelek. Malu saya nanti kalo pas liqa, masa’ murabbi bacaannya jelek.

Jawaban : Bacaan Qur’an bisa diperbaiki asalkan mau belajar.

6. Menunggu Kalau Sudah Baik

Alasan : Saya belum baik. Masih banyak kekurangan dalam diri saya. Nanti saja kalau sudah lebih baik baru saya menjadi Murabbi.

Jawaban : Menjadi Murabbi membuat antum lebih baik. Mulai saja membina.

7. Sangat Sibuk

Alasan : 13 S (Saya sungguh-sungguh sangat super sibuk sekali sampai-sampai selalu sulit selesaikan semuanya)

Jawaban : Kegiatan liqa sepekan sekali, tiap pertemuan cukup dua jam. Kita punya waktu 168 jam tiap pekan. Antum masih punya banyak waktu.

8. Ingin Fokus ke Amanah Lain

Alasan : Saya sudah memiliki amanah dakwah yang lain. Biar saya fokus di situ

Jawaban : Menjadi Murabbi itu bisa dikerjakan bersamaan dengan amanah lain.

9. Tidak Bisa Ceramah

Alasan : Saya kalau berbicara monoton. Tidak menarik. Tidak bisa orasi.

Jawaban : Membina itu dengan hati. Tidak dengan orasi.

10. Tidak Punya Fasilitas

Alasan : Saya tidak punya motor dan sering kehabisan pulsa. Ini menyulitkan dalam menjalankan kegiatan halaqah.

Jawaban : Biar mutarabbi antum yang menghubungi atum dan datang ke rumah antum.

11. Malas

Alasan : Rasanya malas banget harus mengurus mutarabbi. Mengurus diri dan keluarga saja belum beres.

Jawaban : Semoga dengan membina mutarabbi semakin membuat kita bisa mengurus diri dan keluarga.

12. Tidak Punya Alasan

Alasan : Apa ya? Saya tidak tahu mengapa saya tidak membina.

Jawaban : Sebagaimana antum tidak perlu alasan untuk tidak membina selama ini, maka antum juga tidak perlu alasan untuk membina. Mulai saja.

13. Alasan Ketigabelas

Alasan : Setelah saya baca 12 alasan yang antum sebutkan di atas, tidak ada yang sesuai dengan kondisi yang tengah saya hadapi.

Jawaban : Mencari alasan untuk tidak membina memang sulit. Maka segera saja membina.


No comments: